Vaksinasi Mandiri Mulai 17 Mei, Harga Vaksin Covid Rp 1 Juta

“Untuk vaksin berbayar ini batas atasnya kira-kira Rp100 ribu rupiah sesuai standar yang dikeluarkan WHO dan benchmarking yang kita terima,” katanya, dalam konferensi pers, Senin, 14 Desember. “Kalau skema mandiri tentunya difokuskan pada masyarakat dan pelaku ekonomi, jadi sebenarnya itu kita mengharapkan partisipasi, misalnya perusahaan untuk melakukan vaksinasi untuk seluruh pegawainya,” ungkap dia. Sementara, untuk program kedua, nantinya masyarakat kategori mampu akan dikenai biaya jika ingin disuntik vaksin Covid-19. “Makanya perusahaan merasa progam vaksinasi untuk karyawannya menjadi sangat penting.

Menurutnya, pada awal Januari nanti, laporan pengujian klinis dari Fakultas Kedokteran Unpad akan diberikan ke BPOM untuk dilakukan analisa dan evaluasi. Sebelumnyba, Bio Farma berencana menggaet dua produsen vaksin Covid-19, Sinopharm dan Moderna, untuk memenuhi kebutuhan program Vaksinasi Gotong Royong. JAKARTA, investor.id – Pelaksanaan program Vaksinasi Gotong Royong diundur menjadi minggu ketiga atau keempat Mei 2021 dari rencana awal April. Pemberian vaksin untuk kalangan industry sudah menjadi perhatian pemerintah. Negara miskin, setengah dari populasi dunia hanya menerima 17 persen vaksin. Bambang mengatakan, perusahaannya sudah memulai pembicaraan dengan Sinopharm, perusahaan vaksin dari Beijing, Cina.

Sudah ada 10 ribu orang/pekerja di NTB yang didiftarkan oleh perusahaannya, tapi jumlah ini akan terus berkembang,” kata Ketua KADIN NTB H Faurani, Senin (17/5). Sedangkan Moderna merupakan perusahaan yang berbasis di Massachusetts, Amerika Serikat. Vaksin akan dilakukan ketika vaksin sudah tersedia oleh Biofarma dan mengirimkan vaksin ke fasyankes yang ditunjuk perusahaan.

Sementara itu, harga vaksin mandiri yang beredar saat ini belum dipastikan menjadi rujukan pemerintah. Pelaku usaha menyepakati harga vaksin virus corona (Covid-19) secara mandiri atau gotong royong yang ditetapkan pemerintah. “Besaran tarif maksimal untuk pelayanan vaksinasi gotong royong ini akan ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Nadia. Shinta mengatakan Kadin juga sudah menjalin kerja sama dengan fasilitas kesehatan swasta untuk pelaksanaan vaksinasi lantaran tidak diperkenankan menggunakan fasilitas kesehatan milik pemerintah. “Kami juga sudah siapkan fasilitas kesehatan swasta yang siap untuk program ini,” kata dia. Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi warga negara asing untuk mendapat akses vaksinasi Covid-19.

Harga vaksin mandiri

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkeliling meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo. “Prioritas berbasis zonasi. Juga berbasis kepada perusahaan yang sudah daftarkan diri ke Kadin. Dan tentunya pada jenis industrinya, diutamakan yang padat karya,” ujar Airlangga di kantor presiden, Senin 3 Mei 2021. “Kalau harganya di kisaran Rp 1 juta dan di bawahnya, pengusaha masih oke, untuk dua kali suntik ya. Kita sudah survei nggak memberatkan,” ujar Rosan. Merek Vaksin Mandiri harus berbeda dari 7 vaksin ini dan tentunya harus mendapat persetujuan penggunaan pada masa darurat , atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Shinta mengaku bahwa pihaknya sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan PT Biofarma selaku induk perusahaan BUMN holding farmasi yang akan mengimpor vaksin terkait sistem distribusi dan juga harga jual vaksin. “Jadi vaksin gotong royong atau mandiri akan dilakukan oleh BUMN Bio Farma. Dan mereka yang menentukan produsen mana yang digunakan,” kata Menkes di sela melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo Jawa Timur, Sabtu. “Pekerja yang memiliki KITAS ataupun KITAP itu juga bisa menggunakan mekanisme dari vaksin gotong royong,” ujar Airlangga.

“Hal ini agar harga sesuai dengan kemampuan masyarakat. Kami juga ingin memastikan masyarakat mendapatkan vaksin sesuai dengan bentuk tanggung jawab negara,” kata Anna. “Kita juga sudah siapkan fasilitas kesehatan swasta yang siap untuk program Vaksin Gotong Royong,” jelas dia. Untuk saat ini harga vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong belum diketahui karena produknya belum tersedia. Terkait hal tersebut, Rosan berharap harga vaksin dapat ditekan dengan banyaknya perusahaan yang berpartisipasi. “Untuk dari pengadaannya harus melalui Biofarma, jadi Kadin ada perjanjian dengan Biofarma untuk pengadaan vaksinnya. Dan juga sudah mengusulkan beberapa perusahaan swasta yang membantu distribusi logistik chilly chain-nya,” kata Shinta. Sri Mulyani menerangkan, program vaksinasi tidak akan didanai full dengan menggunakanAPBN.