Pemerintah Kabupaten Gresik

Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi sehingga siapa pun yang sudah vaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan , sampai pandemi dinyatakan berakhir. Langkah multilateral dan bilateral sudah ditempuh oleh Pemerintah Indonesia melalui Menlu. Guna mendukung penanganan covid-19 di Indonesia, Indonesia memiliki setidaknya dua opsi dalam rangka pengembangan vaksin. Pertama yaitu membangun resiliensi yang dilakukan dengan pengembangan vaksin secara mandiri. Kemudian yang kedua adalah membangun kerja sama dengan pihak luar negeri dalam rangka memenuhi ketersediaan vaksin baik melalui pengembangan bersama maupun distribusi dengan pembelian.

Sudah sepatutnya, pengorbanan dari para pahlawan garda terdepan dalam menangani Covid-19 membuat publik tergerak. Menyadarkan masyarakat bahwa masih banyak orang di luar sana yang sangat membutuhkan berakhirnya masa pandemi. Terlebih, kabar vaksinasi bagi tenaga medis dan pahlawan garda terdepan lainnya seakan mampu memberikan suntikan pengaruh.

Mari ketahui apa saja manfaat vaksin COVID-19 dan siapa yang perlu lebih dulu mendapatkannya. Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin Covid-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin Covid-19 lainnya, mulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus Covid-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Riset menuntjukan bahasa dua dosis pemberian vaksin sekitar 95 persen populasi akan mengembangkan kekebalan untuk melindungi diri dari virus. Dikutip dari The Conversation, Yulia mengungkapkan, walau sudah sampai di Indonesia, vaksin ini sebenarnya belum selesai pada uji tahap tiga atau tahap akhir sebelum diproduksi massal. Penggunaan vaksin Covid-19 saat ini baik, di Tionghkok maupun Indonesia dalam waktu dekat, baru pada tahap pemakaian dengan izin darurat untuk kelompok berisiko tinggi, seperti petugas kesehatan.

Vaksin dapat menangani Covid

Vaksin COVID-19 memang dapat membawa banyak manfaat dengan melindungi kita dari infeksi virus Corona. Namun, perlu diketahui bahwa vaksin ini tidak diberikan kepada orang yang sedang sakit berat atau sudah terinfeksi virus Corona. Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Selanjutnya, suntikan dana bagi pelaku usaha untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan upaya perlindungan sosial melalui bantuan langsung tunai guna memacu daya beli warga juga ditempuh untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan terhadap sektor ekonomi. Saya rasa Muhammadiyah bisa membantu mensosialiasikan perubahan perilaku ini secara luas kepada masyarakat,” imbuh Budi. Untuk pertanyaan seputar infeksi virus corona, konsultasikan kepada dokter kami lebih cepat lewat fitur Live Chat di Klikdokter. Komunitas yang beranggotakan 159 ribu orang itu memberikan tanggapan yang berbeda-beda tentang manfaat vaksin covid bagi penyintas. Menkes Terawan mengatakan vaksinasi COVID-19 tahap pertama akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga kesehatan penunjang yang bekerja di fasilitas kesehatan. Orang dapat terinfeksi tanpa menunjukkan gejala, namun tetap dapat menyebarkannya ke orang lain.

“Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam menangani Covid-19 ini. Jika ingin pandemi ini cepat berlalu, harus disiplin,” tutupnya. Ia mengatakan semua harus bergotong royong dan aktif dalam melaksanakan protokol kesehatan. “Memang kalau dari persentase tidak tinggi, tapi 89 orang yang meninggal dunia dengan standing positif Covid-19 tidak bisa dianggap sepele,” terangnya. Satgas Covid-19 Kota Dumai mencatat ada sekitar 30 pasien positif Covid-19 di nyatakan meninggal dunia selama 22 hari belakangan ini.

Jika tidak, hal ini akan menjadi bencana karena akan memungkinkan virus untuk terus beredar sehingga memperpanjang pandemi. Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Roeslani mengatakan bahwa harga vaksinasi gotong royong sudah sesuai dengan survei kemampuan pengusaha yang mendaftarkan diri dalam program. “78 persen dari total perusahaan yang mendaftar sudah menyetujui harga satu dosis vaksin gotong royong di bawah Rp 500 ribu,” ujarnya, kemarin. Langkah strategis pemerintah dalam membangun ulang kepercayaan publik perlu didukung secara beriringan oleh masyarakat dengan tidak meremehkan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.