Mengasah Kepedulian Untuk Diri Sendiri Dan Orang Lain Di Masa Darurat Covid

Memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala menggunakan pembersih dan desinfektan yang sesuai . Terutama pegangan pintu dan tangga, tombol raise, peralatan kantor yang digunakan bersama, space dan fasilitas umum lainya. 4) Mewajibkan pekerja menggunakan masker sejak perjalanan dari/ke rumah, dan selama di tempat kerja. 2) Pengaturan waktu kerja tidak terlalu panjang yang akan mengakibatkan pekerja kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan/imunitas tubuh.

Memindahkan kegiatan belajar dari rumah telah dilakukan sejak sixteen Maret 2020 lalu dan akan diteruskan selama masa PSBB. Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari rumah saat wabah adalah dengan menjual barang-barang bekasmu secara online. Cara ini bisa kamu lakukan jika memang ada kebutuhan yang mendesak atau memang kamu memiliki barang-barang yang masih bagus namun sudah tidak kamu gunakan lagi.

Khususnya untuk virus corona, imunitas tubuh akan mengirimkan sinyal bahaya atas masuknya sel asing ke dalam tubuh. Gejala demam atau tidak enak badan yang dirasakan umumnya adalah respons imunitas tubuh atas infeksi. Seringkali, demam adalah sebuah kondisi lingkungan tidak perfect yang diciptakan tubuh untuk menghentikan serangan virus.

Bekerja dalam masa Covid

Berada di tengah kerumunan orang banyak bisa meningkatkan risikomu tertular virus Corona. Selama bekerja pun, cucilah tangan atau gunakan hand sanitizer sesering mungkin, setidaknya setiap 4 jam. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan setelah menyentuh peralatan kantor yang sering digunakan bersama-sama, misalnya mesin fotokopi. Bawa selalu hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol, sehingga dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan dalam perjalanan bila tidak ada sarana cuci tangan. Mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun atau hand sanitizer mampu membunuh virus yang kemungkinan terdapat di tangan.

Dalam menangani percepatan penanggulangan penyebaran wabah COVID-19, pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan Work From Home (“WFH”) serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (“PSBB”). Hal ini bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Di sisi lain, kebijakan yang diterapkan pemerintah mengakibatkan kegiatan sebagian perusahaan di Indonesia menjadi terhenti. Beberapa perusahaan yang tidak mampu beroperasi dengan regular di tengah wabah COVID-19 mengalami pelemahan ekonomi dan mengakibatkan perusahaan terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (“PHK”) karena efisiensi terhadap pekerjanya. Terlepas dari berbagai opsi kebijakan yang ditempuh, pemerintah Indonesia, seperti halnya pemerintah di negara lain, belum bisa memprediksi secara akurat kapan pandemi ini akan segera berakhir. Salah satu harapan terbesar agar pandemi ini bisa segera ditanggulangi adalah penemuan vaksin yang sedang diupayakan oleh berbagai ilmuwan di dunia.

Anda benar-benar diizinkan untuk memberi tahu karyawan agar tidak masuk bekerja selama 14 hari setelah mereka kembali. Adalah hak Anda sebagai pemberi kerja untuk menyesuaikan jadwal tergantung pada fakta situasi. Jakarta, Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus memperbesar dukungan mitra swasta guna menyukseskan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan platform teknologi selama masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19) yang saat ini tengah terjadi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi kinerja yang telah dilaksanakan Kemendikbud dan juga dukungan sektor swasta dalam merespon arahan Presiden untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Bagi sahabat sehat yang membutuhkan pemeriksaan laboratorium bisa menggunakan layanan house service CITO Mobile Service untuk pengambilan sampel darah langsung ke tempat Anda, tidak perlu lagi keluar rumah.