5 Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Corona

Sampai saat ini para ahli belum mengetahui dengan pasti bagaimana penularan virus tersebut sehingga disarankan untuk tetap berhati-hati. Sebenarnya risiko terinfeksi virus corona di pesawat terbang tergolong lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan transportasi umum seperti kereta atau bus. Hal ini disebabkan karena penularan virus corona ini lebih tinggi disaat masyarakat mengendarai kereta, bus atau pesawat dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Orang yang sudah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sama dengan masa inkubasi infeksi virus SARS-CoV-2, dan tanpa adanya keluhan, bisa jadi artinya orang itu baik-baik saja. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, membersihkan tangan secara rutin, mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir, dan lakukan etika batuk/bersin.

• Lakukan isolasi mandiri selama 14 hari meskipun Anda merasa sehat. Beberapa laporan menunjukkan bahwa orang tanpa gejala dapat menularkan virus ini namun belum diketahui seberapa sering penularan dengan cara tersebut terjadi. WHO terus mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran COVID-19 dan akan menyampaikan temuan-temuan terbaru. Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia.

Kiranya, sudah harus mulai dipikirkan upaya-upaya untuk mencegah COVID-19 di lingkungan sekolah. Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.

Langkah tepat jika terkena Covid

Alasannya, ketika seseorang batuk atau bersin atau bersih, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung virus COVID-19. Misalnya, selalu memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan. Jika information valid, pasien akan disetujui untuk menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran atau fasilitas isolasi mandiri milik pemerintah lainnya. Karantina dan isolasi penting dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. semakin memburuk, seperti merasa sangat lemas dan mengalami sesak napas, segera cari pertolongan medis ke rumah sakit.

Gejala awalinfeksi COVID-19 bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering,sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat. Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak atau berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut di atas muncul ketikatubuh bereaksi melawan virus COVID-19. Diah melanjutkan proses penyebaran virus ini melalui udara yang terinhalasi atau terhirup lewat hidung dan mulut sehingga masuk dalam saluran pernafasan.

Risiko tertular virus Covid mengintai siapapun, khususnya Anda yang tak menjalankan protokol kesehatan dengan benar. Tetapi perlu diingat, keputusan boleh tidaknya isolasi mandiri selesai harus persetujuan dokter. Kriteria PCR untuk menunjukkan isolasi mandiri bisa selesai, menurut Dokter Adam Prabata adalah jika dites PCR lagi, hasilnya dua kali negatif berturut-turut dengan jeda minimal 24 jam.

Penyakit Coronavirus 2019 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis Coronavirus. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan serta menyebabkan kematian.

Merebaknya virus corona covid-19 yang masih belum ada obatnya ini membuat banyak orang takut tertular. Beragam langkah dilakukan untuk mencegah agar penyebarannya tak kian meluas. Selain itu, Tati memastikan, orang yang meninggal akibat virus corona ini juga mendapat perlakukan khusus. Mulai dari mengurus tubuh hingga pemakaman harus melalui proses yang ketat dan sesuai aturan. Tes terakhir yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis apakah seseorang positif corona atau tidak adalah dengan cara melakukan CT Scan atau rontgen bagian dada.

Kamu harus melanjutkan praktik ini sampai orang tersebut tidak lagi menular. Karena pengujian sulit diperoleh, kamu dapat menghentikan langkah-langkah ini seventy two jam setelah gejalanya hilang dan setidaknya tujuh hari berlalu sejak gejalanya pertama kali muncul.